27 January 2014

Friend from miles away


"I've learned that true friendship continues to grow, even over the longest distance"

Tetiba keinget temen jaman SMP. Namanya Ghifari, dia anak Jakarta. Gatau, tadi lagi buka apaan kok nembusnya ke twitternya dia. ya Allah, umur orang emang nggak ada yang tau. Pertama kalinya kenal Ghifari itu.. kurang lebih 7 tahun silam. Keinget banget, dulu waktu aku kelas 7 SMP, lagi jaman-jamanya BING. Terus, tiba-tiba aku diajak kenalan sama anak dari Jakarta. Oh, namanya Ghifari, dan ternyata kita seumuran. Pertama kalinya, aku dapet temen dari dunia maya. Dan nggak bikin aku takut hahaha. Ghifari itu anaknya asik, sueru pol kalo buat ngobrol. Waktu itu kita ngobrol buanyak hal. Setelahnya BING udah ga jaman dan hapeku ilang, ternyata komunikasi kita nggak putus. Aku lupa, lewat apa, kalo ga facebook ya friendster, atau smsan, hmm lupa pek, kita jadi komunikasi lagi. Terus Ghifar juga jadi kenal sama Mbik.

Dulu, Ghifar pernah bilang mau ke Surabaya kalo pas lebaran, terus nanti ketemuan. Tapi ternyata ndak jadi. Nyampek akhirnya, waktu kapan itu aku ke Jakarta, awal-awal kelas 3 SMA mungkin, aku baru dapet kontaknya Ghifar lagi, been years, jarang aktif facebook buat chattingan atau ngewall gitu, apalagi sibuk sekolah dan lain-lain, dan juga, (PS: kontak hapeku sering ilang), dan akhirnya yap lewat twitter. Waktu itu aku lagi di Monas, aku bilang ke Ghifar, "Far, aku lg di Jakarta lhoo, ayoo ajak muter-muter". 
Nggak taunya, Ghifarnya gabisa, aku lupa kenapa..

Waktu aku ulang tahun ke 18 kemarin, Ghifar juga masih ngucapin selamat ulang tahun, dan nanyain gimana SNMPTN sm SBMPTN ku, ternyata alhamdulillah dia udah keterima di PNJ, dan aku belum. Nyampek akhirnya aku keterima di ITS, dan kita lost contact lagi.

Nggk taunya waktu kapan itu, lagi ada jedanya kuliah gitu sih, tiba-tiba, Mbik ngeline aku,
"Cil, kamu sudah tau kalo Ghifar nggk ada?"
"Ha? Serius?"
Langsung aku ngesearch facebooknya, sempet nggak nemu, dan nanya mbik namanya lagi. Dan akhirnya ketemu.. dan sungguhan.. kaget buangeeet, banyak post berduka disana :'(

Aku penasaran banget, kamu kenapa. Aku nyari tau, kamu kenapa, kok tiba-tiba gitu rasanya, dan ini aku baru ngerti. Jadi, waktu lebaran kemarin, kamu kecelakaan motor, dan kakimu luka, harusnya di operasi, tapi nggak jadi, akhirnya cuman dibawa ke pengobatan alternatif, setelah seminggu, kamu balik, dan nggak taunya tambah parah. entah kenapa, pas 11 hari setelahnya kamu jatuh, kamu ngerasa sakit, dan akhirnya mau pergi kontrol. Nggak taunya, kamu nggak ada :'(

Padahal ya Ghif kita belum sempet ketemu.. 
Kamu mesti bilang, ke aku sama mbik mau ke Surabaya, terus entar main bareng, minta dianter muter-muter gitu. Kalo kamu ngucapin met ulang tahun, ta lebaran, ta apalah, aku mesti nagih, "ghif kapan ke Surabaya? udah ditungguin mas-mas penjaga masjid rumahku lo, kasian jenggotnya udh makin panjang skrg" dan kamunya mesti cuman ketawa trs bilang "hahhaa, masi inget aja Riz, ia semoga aja kpn2 bisa main ke Surabaya"  dan malah sekarang... :'(

Yah, kangen banget Ghif sama kamu. Dulu kamu mesti tak curhatin mamed hahaha, iling pek huaa, terus kamu sering bilang "lucu riz ngomong sama kamu, mesti ada ekpresinya", terus aku nanya "ekspresi gmana? lhah kan ga keliatan" terus katamu "ya gitu, lak ketawa ada 'hahaha' nya, kalo batuk 'uhuk uhuk', dan lain2. mesti dibunyiin diketik gitu" Aku aja ga sengereken itu sama gaya ngetikku, eh malah dibilang lucu, pasti kalo sama temen2ku disini, udah dibilang alay aku Ghif wkwkwkw =))

Teman jauh.. Ini sudah, kurang lebih 5 bulan setelah kamu ga ada. Maaf banget ya, aku tuelat tahunya. Semoga kamu sudah di sisi-Nya sekarang. Semoga kamu sudah ada di tempat yang buagus di Arsy-Nya. Istirahat yang tenang Ghif, sampe ketemu lagi. Semoga kamu sudah bahagia disana, insya Allah, you're a good friend. A good son, I still remember your stories about your family.. I believe that you're a good person despite any of your imperfection that maybe I never know, however, we're still a human, right? :)

Rest in Peace.. my brother.. Ghifari Fahmi Risang Bhaskara.. May all your worship in this world is accepted by Allah SWT, you're gonna be missed always :)

1 comment: