11 October 2012

Find yours !


Kalo ditanya tentang apa itu bahagia, seringkali aku akan menyebutkan hal-hal yang bisa membuatku merasa bahagia, bukan arti dari bahagia itu sendiri. Kalian juga nggak sih? Kenapa ya kok gitu? Hmm, kalo dari pelajaran Bahasa Inggris yang sudah aku dapat, Bahagia]: adalah suatu ungkapan perasaan ketika kita baru saja mengalami hal yang membuat kita bahagia. Bahagia juga tergolong ke dalam kata benda yang absurd. Jadi, bahagia itu adalah hal yang gak bisa kita lihat dengan mata telanjang, tapi kita bisa merasakan kalo kebahagiaan itu memang ada. We know that happiness does exist, around us.

Menurutku, sejatinya- bahagia itu sangat sederhana. Bahagia itu ga harus kita cari susah payah. Bahkan, sebenernya kita bisa membuat kebahagiaan itu sendiri, tanpa perlu menunggu ataupun mencari. Kok bisa?
Ya gini deh, pernah ga sih kalian mengamati diri kalian sendiri? Misalnya, suatu saat di hari yang bolong, kita merasa bosan datang menerpa, membawa sejuta hawa malas dan mood jelek mulai bertumbuh, terus kita berpikir, "Ah main laptop aja ah kalo gitu !" Nah, itu kan secara ga langsung kita sedang berusaha membuat diri kita bahagia dengan nggak membiarkan rasa bosan tadi, tumbuh menjalar.

Sebenernya kita bisa kok, merasakan bahagia tanpa kesedihan, tinggal- gimana caranya kita aja kan buat menstimulus diri kita untuk ga memikirkan hal-hal yang biasanya bikan kita sedih. Sedih ataupun senang, itu datangnya dari kita sendiri lho. Malah, sebenernya ngga ada faktor-faktor luar yang dengan sengaja ingin memusnahkan perasaan bahagia yang ada dalam diri kita. Tapi diri kita sendiri lah, yang udah buat faktor X itu melenyapkan perasaan bahagianya kita.

Bahagia itu, seringkali kita rasakan kalo kita mendapatkan apa yang kita mau, apa aja- materi maupun enggak. Pasti itu bisa jadi moodbooster kita. Tapi sebenernya ga baik lho, kalo kita ngegantungin kebahagiaan kita ke suatu hal, karena, segala sesuatu yang ada di dunia ini itu, sifatnya cuman sementara. Pepatah bilang, "Sometimes, we should be our own self hero" Jadi, kalo misal suatu saat, hal yang bisa bikin kita bahagia itu hilang, hal itu ga akan bikin rasa bahagia yang ada dalam diri kita itu lenyap tak bersisa...

Ya bukan berarti dalam menarungi hidup kita harus ngerasa bahagia terus lho ya, itu agaknya ga mungkin. Hidup itu ada pasang surutnya, naik turunnya. Kadang bisa diatas kadang bisa dibawah. Tapi gimana caranya lah, dalam dua keadaan itu, kita ambil sebuah kebahagiaan yang Allah sisipkan didalamnya. Mungkin, kalo kita lagi sedih, Allah cuman pengen buat kita, besok akan tahu gimana itu bahagia. Soalnya, kalo kita cuman jalan di satu titik, gimana caranya kita bisa tahu perbedaan-perbedaannya ? 

Bahagia itu sederhana; kalo kita mau mensyukuri setiap hal yang sudah kita punya hari ini.
Bahagia itu sederhana; kalo kita mau peduli dan saling berbagi kebahagiaan satu sama lain.
Bahagia itu sederhana; kalo kita bisa memaknai apa itu bahagia.
Bahagia itu sederhana... kalo kita mau mencarinya.
:)

No comments:

Post a Comment